Menguasai Digital Marketing dengan TCEO Model

ARTICLE_TCEOMODEL-1-1200x600.jpg

Menguasai Digital Marketing dengan TCEO Model

February 24, 2017 by adminpejuang0

Apa kamu masih takut akan perubahan? Tidak siap untuk pindah dari kebiasaan? Well, sebaiknya segera lah semangat untuk keep up and be updated, supaya kamu siap bersaing dengan warga dunia digital. Beralih ke dunia digital dalam melakukan kegiatan yang terbiasa dilakukan secara konvensional mungkin terbilang masih tidak mudah bagi kebanyakan orang. Meskipun teknologi yang mempermudah kegiatan sudah semakin banyak, tidak begitu banyak orang yang bisa seketika beralih dari kebiasaan yang sudah lama dilakukan. Hal yang sama terjadi juga pada proses pemasaran atau marketing. Beberapa orang masih berpikir bahwa melakukan proses marketing di dunia digital atau dengan menggunakan internet merupakan hal yang sulit. Padahal, bila kita mengerti esensi dan proses penentuan strategi yang akan digunakan, melakukan digital marketing tidak sesulit itu.

TCEO Model

Cara paling efektif untuk mengelompokkan Digital Marketing adalah menjadi 4 disiplin ilmu yang saling berhubungan, yaitu Think, Create, Engage, dan Optimise. Pengelompokkan ini dapat menciptakan sebuah proses yang akan memberikan hasil optimal untuk digunakan menjadi sebuah digital strategy (Quirk, 2016). Setiap proses yang ada pada model ini berjalan terus menerus dan hasilnya akan saling berkaitan satu sama lain.

 

tceo_model_2

Think

TCEO Model diawali dengan proses think yang berarti memikirikan perencanaan strategi, edukasi, dan online reputation management. Tujuannya adalah agar kita dapat menentukan strategi yang paling tepat untuk menjalankan proses marketing yang akan dilakukan dan mencapai tujuan marketing yang diinginkan. Hal-hal yang dilakukan dalam proses think adalah menentukan target audiens dari produk, menentukan segmentasi, kegiatan-kegiatan pemasaran, melakukan audit terhadap hal yang telah dilakukan sebelumnya dan melakukan monitoring dan pengambilan data terhadap produk dan strategi yang dilakukan. Secara spesifik, hal yang paling utama dilakukan selama proses think adalah melakukan research development terhadap setiap aspek yang berkaitan dengan penjualan produk kedepannya.

Create

Tahap lanjutan dari think adalah create yang merupakan eksekusi kampanye berdasarkan hasil perencanaan sebelumnya. Hal-hal yang dilakukan pada tahap ini adalah membuat digital asset (akun-akun digital yang diperlukan untuk melakukan pemasaran secara digital), menentukan konten kampanye dan mengintegrasikan setiap konten dari masing-masing digital asset.

Engage

Berikutnya, proses engage dilakukan untuk mengarahkan traffic dan membangun platform. Yang dilakukan pada tahap ini adalah media buying and planning, search engine optimization, email marketing, dan social media and campaign management. Hal yang diharapkan dari tahap engage ini adalah orang-orang yang telah mengetahui produk akan semakin tertarik dan dapat melakukan hal yang menjadi tujuan akhir dari penjualan dan memberikan keuntungan bagi kita.

Optimize

Tahap yang menyempurnakan TCEO model ini adalah optimize yang merupakan konsep continuous improvement terhadap proses-proses yang telah dilakukan sebelumnya. Hal-hal yang dilakukan dalam proses ini adalah analisa data, conversion optimization dan report testing. Tahapan ini dilakukan terus-menerus sehingga bila ada hal yang dapat diperbaiki atau ditingkatkan pada proses lainnya dapat langsung diketahui dan dilakukan tindakan tertentu.

Menguasai TCEO model merupakan langkah awal dalam menguasai digital marketing. Dengan terus mengeksplorasi ilmu dan informasi yang terus berkembang, maka kita dapat terus meningkatkan kemampuan kita dalam menguasai dunia marketing. Let’s learn and change for the better!

Penulis : Giovani Naura A, Pejuang Digital Generasi 1



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *