Customer Journey Significance in Digital Marketing

ARTICLE_CUSTUMERJOURNAL-1200x600.jpg

Customer Journey Significance in Digital Marketing

March 3, 2017 by pejuangdigital0

“Marketing is an integral part and moreover become the core part in business industry. Nowadays, in the digital era, marketing becomes even more exciting due to its boundless limit yet to be explore”.

Dulu, proses pemasaran lebih fokus pada keberhasilan penjualan langsung sebuah produk atau jasa kepada target konsumennya. But hey, It’s digital era now! Era digital membuat segalanya menjadi mudah dan menarik, sehingga menjadikan segala hal menjadi lebih dinamis dan menyenangkan. Pertumbuhan digital marketing membuat aktivitas pemasaran menjadi jauh lebih fleksibel dan efisien.

“Marketing is not only about selling the product directly, but it’s also about how we tell the story beyond the product to our audience”.

Digital marketing menjadi sebuah konsep yang mempermudah kinerja tim tenaga penjualan untuk melaksanankan tugasnya, sekaligus memberikan kesempatan untuk berkomunikasi dan mengenal langsung para konsumennya. Sebelum terjun kedalam dunia bisnis, seorang pelaku bisnis harus mengenali terlebih dahulu lapangan pasar yang akan dihadapi; siapa yang dihadapi, apa yang mereka inginkan, apa yang membuat mereka tertarik, dan lain sebagainya. Biasanya sebelum melakukan proses pemasaran, beberapa pertanyaan awal yang muncul misalnya : produk apa yang dijual? Apa saja manfaatnya bagi para konsumen? Dan bagaimana cara mendorong penjualan produk yang diluncurkan. Hari ini di era digital pertanyaan itu menjadi lebih spesifik terhadap bagaimana kita menarik perhatian audience atau calon konsumen? Bagaimana kita meningkatkan engagement, atau tingkat ketertarikan mereka? Bagaimana audience respon atau seberapa tinggi minat mereka terhadap produk ? Lalu, sampai di titik mana user experience harus diperhatikan oleh setiap pelaku bisnis? Dalam memahami audience sebagai calon konsumen atau target pasar, salah satu tugas kita sebagai pelaku bisnis, adalah mempelajari behavioural pattern mereka.

“People nowadays are living in the customer experience era and they all surely expect a great journey”.

Customer journey menjadi sebuah hal yang sangat penting diperhatikan dalam dunia digital. Coba bayangkan ketika kamu ingin berbelanja pakaian. Hal apa saja yang biasa kamu lakukan ketika berbelanja? Pertama adalah melihat toko mana saja yang menjual pakaian, selanjutnya kamu akan masuk ke salah satu toko yang membuatmu tertarik dan mulai mencari pakaian yang kamu incar. Kemudian kamu akan melihat warna atau ukuran yang sesuai dengan keinginanmu dan mencoba pakaian tersebut sambil bercermin sampai kamu merasa pas, pantas dan puas. Setelah kamu merasa cocok, kamu harus membayar harga pakaian tadi,namun tiba-tiba kamu masih ingin melihat kembali pakaian lain yang ada di toko tersebut. Akhirnya, kamu kembali memilih beberapa baju lain yang sesuai seleramu dan baru membayar total belanja kemudian. Sensasi dan dinamika belanja yang seperti tadi tentu juga ingin kamu rasakan ketika sedang berbelanja pakaian secara online melalui smartphone atau gadget .

“Customer journey can describe a wholesome experience about how and what the customers are doing when they interact with your brand. An overall story from the individual’s perspective”.

Sebuah platform berbisnis via sosial media harus dapat mengakomodir hal-hal yang diinginkan oleh user sehingga mereka dapat merasakan kepuasan dari pengalaman berbelanja mereka. Customer journey adalah sebuah peta perjalanan pelanggan yang dapat mengidentifikasi bagaimana pelanggan diperlakukan pada setiap titik pertemuan dan respon apa yang mereka rasakan terhadap perlakuan tersebut. Analisis dari Customer journey yang ideal, dapat memberikan manfaat kepada para marketer atau pelaku bisnis dalam menghadapi pelanggan secara lebih efektif. Selain itu, data yang diperoleh dapat meningkatkan kualitas serta inovasi dalam pelayanan. Desain alur Customer journey yang baik adalah yang senantiasa berhasil memberikan kemudahan bagi konsumen sehingga berakibat signifikan dalam meningkatnya engagement antara konsumen dan produk yang dijual. And so hopefully afterwards, they will maintain to be the loyal customers of the brand itself

“To understand a man, you must first walk a mile in his moccasins” North American Indian Proverb

By. Maulia Indarwita – Pejuang Digital Generation 1



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *