Kenapa Kita Harus Punya Website?

ARTICLE_04-1200x600.jpg

Kenapa Kita Harus Punya Website?

March 3, 2017 by pejuangdigital0

Situs web (bahasa Inggris: website) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi (wikipedia) . Disadur dari materi workshop Pejuang Digital, terdapat beberapa alasan mengenai kenapa kita harus memiliki website, apa saja jenis nya, dan bagaimana cara yang paling efektif untuk mengelola sebuah situs web.

Mengapa kita harus punya website? Alasannya antara lain sebagai berikut:

Pertama, fakta bahwa konsumen masa kini memiliki kebiasaan baru yaitu mencari produk dan belanja via internet. Sebagai contoh, ketika kita membeli telepon genggam, biasanya konsumen akan mencari ulasan atau testimoni di internet terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan dan membelinya. Website merupakan jawaban agar data ulasan dan testimoni tadi terangkum dan  tersampaikan dengan baik untuk mendukung spesifikasi produk agar dapat mudah dipahami oleh umum.

Kedua, Akses internet 24 jam! menjadi alasan realistis bahwa website adalah aset penting dunia digital terutama untuk bidang E-commerce. Pelanggan dapat mengakses info produk kapanpun mereka inginkan tanpa ragu akan jam operasi bisnis biasa.

Ketiga, untuk menjaga agar konsumen dapat selalu update dan mudah mendapatkan informasi lengkap dan terkini. Konsumen era digital akan terus berusaha mencari informasi mengenai apapun yang berhubungan dengan produk idamannya. Agar mereka terus mendapat informasi secara berkelanjutan, maka website adalah tempat untuk menemukan informasi yang tepat.

Keempat, mempertahankan kredibilitas pasar di mata konsumen. Jika tidak ada web resmi dari sebuah perusahaan, apakah perusahaan tersebut dapat dipercaya? Tentunya sedikit banyak akan timbul keraguan konsumen. Bahkan perusahaan yang memiliki situs web yang masih menggunakan domain gratis, kredibilitasnya belum dapat dipercaya oleh kebanyakan konsumen yang semakin cerdas digital .

Kelima, Memperluas target pasar. Tanpa menggunakan website, ruang lingkup penjualan sangat terbatas. Namun, dengan menggunakan website, apalagi disokong dengan SEO / SEM yang baik, tentunya bisa membuat jangkauan pasar semakin luas saja, bahkan sampai penjuru dunia. Inilah target penting yang ingin dicapai para digital marketer.

Tipe-tipe Website

Mari kita lihat dulu apa saja tipe website yang ada,berikut kegunaannya:

1. Corporate/Personal Website

Web yang dibuat untuk wadah ekspresi dan karya pribadi dan biasanya mencantumkan nama individu pemiliknya misalnya yaitu www.sandblog.com, adalah salah satu contoh personal website. Situs Web seperti www.unilever.com, www.danone.com, dan sejenisnya merupakan contoh corporate website. Website dirancang sedemikian rupa oleh sebuah korporasi untuk menggapai kepercayaan, kredibilitas, kekuatan branding, dan mendapatkan konsumen. Tujuan utama dari Website ini adalah mencari Leads sebanyak-banyaknya.

Tips mengelola Website Personal:

Tampilkan informasi dan image yang ingin ditunjukkan pada dunia, pastikan konten yang dibuat bisa menarik dan bermanfaat, biasakan untuk mencantumkan sumber data apabila kamu mengkompilasinya dari website lain.

Tips mengelola Website Corporate:

Tampilkan informasi produk dan service secara jelas, pastikan agar pelanggan dapat dengan mudah menghubungi Anda.

2. Website Media

Adalah website yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayaknya. Contohnnya sudah sangat banyak seperti www.detik.com, www.kompas.com, dan lain sebagainya. Tujuan pembuatan website untuk mendapatkan revenue dari iklan yang terpasang, semakin banyak iklan ditampilkan semakin besar potensi pendapatan. Karena itulah, website media sangat menginginkan Page Views yang banyak dari pengunjung nya.

Tips mengelola Website Media:

Pemilihan informasi, gaya penyampaian bahasa serta kuantitas periode update dan tentunya materi yang menarik, membuat semakin banyak audience membuka halaman yang disajikan.

3. Website Service

Pernahkah kamu menggunakan website tertentu untuk download dari youtube? Nah, website tersebut adalah salah satu contoh dari website service,  yang memberikan pelayanan atau fasilitas tertentu untuk memudahkan pelanggan, biasanya tanpa pungutan biaya. Jika memberikan secara gratis, bagaimana cara website ini agar bisa mendapatkan uang? Ada dua bisnis model untuk revenue dari tipe website ini, yaitu dengan iklan yang ditampilkan ataupun dengan menjaring premium user.

Tips Mengelola Website Service :

Memberikan layanan secara gratis dengan fitur yang aplikatif, berguna dan mudah di gunakan adalah hal yang utama bagi website service.

4. Website E-Commerce

E-Commerce tentu sudah tidak asing lagi terdengar yaitu kegiatan jual beli melalui media online. Kesuksesan Website E-Commerce diukur dari  aktivitas sales, yaitu konversi dari pengunjung menjadi pembeli.

Tips Mengelola Website E-Commerce :

Ketersediaan produk, tampilan produk yang menarik, kemudahan navigasi, keamanan fitur pembayaran, privasi serta layanan purna jual akan menjadi beberapa faktor yang dipertimbangkan consumer sebelum melakukan transaksi di web sejenis ini.

Oke, sekarang sudah lebih jelas ya, sekilas info dasar yang menjawab kenapa harus punya website? Saatnya kamu tentukan sekarang website apa yang ingin kamu rancang dan kembangkan. Ayo mulai sekarang, tunggu apa lagi?

*untuk info mengenai kelas pelatihan website, hubungi kontak kami di Pejuang Digital!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *