Trend Dunia Digital 2017: Menuju Ke Dunia Yang Serba ‘Live’! Sudah Siapkah Kamu?

HEADER_TREN_DUNIA_DIGITAL_-1-1200x600.jpg

Trend Dunia Digital 2017: Menuju Ke Dunia Yang Serba ‘Live’! Sudah Siapkah Kamu?

March 8, 2017 by pejuangdigital0

Siapa sih yang tidak suka Live Video Streaming? Via Live Video Streaming, kamu bisa melihat bermacam-macam kegiatan di tempat-tempat yang berbeda secara LIVE atau real-time. Contohnya? Siaran langsung pementasan drama lokal, cuplikan siaran berita langsung yang lagi ngehits, dan siaran langsung pementasan musik dari artis kesukaanmu. Wow! Variatif dan favorit banget deh pokoknya.

Melihat tren ini, berbagai Social Media platform akhirnya pun ikut berinovasi dengan fitur baru bagi para penggunanya untuk menghasilkan Live Video Streaming sendiri! Wah, tentunya para Social Media Addict dan Social Media Marketers pun harus siap menuju untuk menghadapi innovasi dunia digital yang ‘Go-Live’ di tahun 2017 ini dong.

Lalu apa yang membuat Live Video Streaming begitu special dan apa saja sih social media platform yang sudah mendukung untuk fitur ini? Yuk kita bahas bersama!

Dari Addiction hingga ke Marketing

Kamu pasti kenal dengan Snapchat kan? Pada awalnya, Snapchat telah menjadi sebuah inovasi yang ‘fresh’ di kalangan anak muda kekinian karena bermacam-macam inovasi barunya. Berbagai fitur seperti sticker video yang unyu-unyu dan kemudahan akses untuk berbagi momen-momen berharga melalui kamera handphone pun membuat kita kecanduan. Cukup rekam sebentar, upload, dan ta-da!

Meski demikian, addiction tersebut belum sampai ke level live streaming lho. Yang mendahului euforia live streaming justru video gaming platform seperti Twitch.tv yang telah dirilis sejak 2011. Twitch memberikan akses bagi para gamer untuk saling berinteraksi secara real-time dan menjadi cukup populer di kalangan para gamer. Wiih!

Karena melihat peluang tersebut, Facebook pun mulai memperluas fiturnya dengan Live Video Streaming. Apa kamu pernah lihat page 9gag membagikan polling untuk memilih siapa artis atau karakter yang paling kece? Nah! Itu pun termasuk dari contoh Live Video Streaming.

Bagaimana dengan Indonesia? Ga mau ketinggalan, fitur Live Video Streaming pun sudah dipakai oleh media berita di Indonesia untuk memberikan siaran langsung melaui social media. Pssstt… Ini merupakan usaha media masa untuk bertahan dan tetap eksis lho.

Lalu bagaimana dengan kamu yang mungkin punya bisnis kecil-kecilan sendiri? Live Video Streaming ini pun dapat dimanfaatkan guna menaikkan interest dan brand awareness. Jika kamu menjual produk-produk kecantikan online, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat Live Video Streaming mengenai beauty class maupun beauty review dari produk yang kamu jual. Selain barang laris manis, sekalian bisa ikut eksis bin narsis. Hihi.

Social Media Go Live!

Lalu apa saja sih social media yang menyediakan fitur live ini? Ini dia nih daftarnya berserta tutorial singkat untuk ikut berpartisipasi membuat video live di YouTube, Facebook, Instagram dan Twitter!

  • YouTube

Sebagai video-sharing website, YouTube tentu saja telah memberikan akses untuk Live Video Streaming sejak lama. Eits! Sekarang sudah tersedia juga fitur tambahan untuk live streaming dari YouTube yang dikenal dengan nama Stream Now.

+ Ini merupakan fitur yang perfect buat kalian yang care dengan viewers! Siapapun dapat mengakses Video Live kamu meskipun koneksi internetnya tidak stabil atau lambat. Yey!

– Resolusi gambar diturunkan supaya dapat diakses oleh siapapun. Duh… Jadi ga Hi-Res lagi gitu. (Psst! Jika menggunakan fitur Life Events yang sudah ada sejak lama, gambarmu tetap Hi-Res kok.)

Let’s go LIVE on Youtube!

Untuk membuat video live di YouTube, pilih dulu fitur mana yang akan kamu pakai. Kamu sudah menentukan? Jika sudah, yuk kita bahas keduanya.

Stream Now: siapkan encoder terlebih dahulu. Eh, encoder itu apa sih? Fungsinya sih untuk enkripsi audio dan gambar videomu supaya bisa masuk ke platform YouTube dan menjadi lebih audience-friendly. Anyway, pilihan encoder software yang dapat digunakan bisa dilihat di sini.

Setelah itu, kamu hanya perlu memasukkan detail-detail info dasar dan setelan-setelan dari videomu sesuai kebutuhan dan kamu sudah bisa go live!

Events: pembuatannya juga tidak lepas dari proses enkode melalui encoder. Psstt… Tapi prosesnya lebih mudah karena kamu tinggal membuka pilihan Event melalui kolom pengelola video di YouTube. Enkode di fitur ini hanya dibutuhkan bila kamu ingin menggunakan pengaturan khusus. Simpel kan?

 

  • Facebook

Facebook mulai merilis Live Video Streaming sejak tanggal 4 April 2016 dan sudah mulai populer di seluruh dunia hingga saat ini. Video live akan secara otomatis tersimpan seperti biasa dan masih dapat diakses oleh mereka yang tidak sempat melihat langsung, selama kamu tidak menghapusnya dari profilmu.

+ Cara membuatnya mudah! Cukup mendownload Facebook apps saja. Selain itu, video juga tersimpan setelah live sehingga mereka yang terlambat bisa tetap menontonnya. Yey!

– Facebook hanya memberikan batas perekaman hingga 4 jam saja dan hanya bisa diakses melalui Facebook App! Duh… Sedihnya… Jadi untuk kamu yang tidak memiliki aplikasi, terpaksa harus download dulu. (Atau pinjamlah dulu smartphone temanmu. Lumayan, kan? Gratis dan praktis!)

Let’s go LIVE on Facebook!

Untuk membuat video live di Facebook, kamu cukup membuka aplikasi Facebook dan melihat bagian bawah kotak untuk update status. Di tulisan Go-Live, kamu cukup klik dan kamu sudah tampil di video online. Praktis kan?

 

  • Instagram

Tidak mau ketinggalan, Instagram pun mulai membuat fitur Live video melalui Instagram Story sejak November 2016!

+ Psst… Berbeda dengan Facebook yang menentukan batas perekaman, Instagram tidak memberikan batas waktu untuk merekam lho. Namun, karena konsep yang diambil oleh Instagram merupakan video real-time, video akan hilang tak berbekas setelah siaran usai.

– Sayangnya, fitur ini belum masuk ke Indonesia! Duh. Mari berdoa semoga di update Instagram yang selanjutnya fitur ini sudah dapat kita akses ya.

Let’s go LIVE on Instagram!

Meskipun belum masuk Indonesia, tidak ada salahnya bersiap-siap kan? Untuk membuat video live di instagram, kamu cukup masuk ke Instagram story, slide ke Live, dan kamu sudah bisa langsung klik untuk merekam video live. Simpel! Psst… Audience-mu bisa spamming love di video live itu juga lho.

 

  • Twitter

Twitter juga tidak mau kalah dengan Facebook dan bekerjasama dengan Periscope.tv untuk merilis fitur live videonya. pada bulan Desember 2016 kemarin. Wow!

+ Tidak ada batasan untuk merekam video live dan video akan tersimpan di timeline (selama database tidak kamu hapus di Periscope maupun Twitter), dan juga kamu dapat membuat video live dengan tahapan yang mudah!

-Dilihat dari fiturnya, kelihatannya Twitter masih memberikan fitur yang paling lengkap. Kalau dilihat-lihat, tampilannya mirip dengan Instagram live dan aksesnya mirip dengan Facebook live lho. Wuah, semacam paket lengkap dari yang lainnya nih!

Let’s go LIVE on Twitter!

Untuk membuat video live di Twitter, kamu cukup membuka kolom untuk update status seperti biasa dan menuliskan deskripsi video, lalu klik tombol Live. Ta-da! Kamu pun sudah online!

Nah dengan adanya bocoran ini, sudah siapkah kamu? Yuk kita buat strategi baru untuk menyambut dunia digital 2017 yang serba Live!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *