Trik Membuat Instagram Feed Lebih Menarik

HEADER_TRIK_INSTAGRAM_FEED-1200x600.jpg

Trik Membuat Instagram Feed Lebih Menarik

March 13, 2017 by pejuangdigital0

Halo Digiheroes! Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat Instagram feed yang menarik. Jika kita perhatikan, banyak influencer maupun fotografer yang dapat mengatur postingan mereka sehingga tampilannya tetap menarik saat dilihat dalam bentuk grid. Sepintas, kelihatannya hal tersebut cukup sulit untuk dilakukan karena kita harus mempertimbangkan dengan baik foto apa saja yang harus di posting. Meski demikian, sebenarnya ada trik-trik khusus yang bisa dilakukan. Apa saja triknya? Berikut mari kita bahas bersama.

Trik paling dasar: konsistensi. Lalu, apa saja sih yang harus dijaga konsistensinya?

  • Tema estetika

Untuk bisa menjaga tema yang kamu gunakan, pertama-tama kamu harus menentukan postingan seperti apa yang akan paling banyak kamu gunakan. Hal ini bisa dilihat dari postinganmu sebelumnya. Sebagai inspirasi, berikut beberapa tema yang dapat menjadi acuan dalam memilih.

Crisp Minimalism

Tema ini biasanya didominasi warna putih, cahaya, dan negative space. Contohnya foto-foto @canarygrey di bawah ini:

Dark + Moody

Kebalikan dari tema sebelumnya, tema satu ini lebih didominasi oleh warna-warna background yang lebih tua dan kontras foto yang lebih tinggi untuk menampilkan tiap-tiap elemen dalam foto. Contohnya foto-foto @ameliemancini di bawah ini:

Bright Pastel

Tema ini merupakan gabungan dari konsep minimalis yang digabungkan dengan warna-warna pastel. Selain itu, tema ini juga memberikan ruang untuk dominasi cahaya terang sehingga masih ada kebebasan untuk mengkesplor warna-warna gelap yang dimodifikasi dengan cahaya berlebih. Contohnya foto-foto @cestmaria di bawah ini:

Untuk menjaga konsistensi tema ini mungkin akan sedikit merepotkan bagi mereka yang tidak suka melakukan editing atau pemilihan foto dengan seksama.

Lalu, apakah ada alternatifnya? Tentu saja ada.

  • Tone/filter yang digunakan

Untuk menentukan tone yang akan kamu gunakan, kamu tak melulu harus menggunakan suatu tema. Kamu dapat mencontoh @KimKardashian yang menggunakan satu Instagram filter yang sama pada setiap fotonya. Jadi, kamu tidak perlu mengedit tiap fotomu dengan aplikasi khusus lagi.

 

Explore The Styles!

Ada trik lain yang bisa digunakan untuk membuat Instagram feed kalian lebih menarik, meskipun tidak konsisten tema atau pun pada pilihan filter foto. Caranya, dengan memberi transition image untuk memisahkan setiap pergantian tema di dalam feeds kalian dengan memberi foto-foto yang berfungsi sebagai separator dengan memberikan aksen tertentu.

Trik berikutnya adalah dengan memperhatikan foto sebelumnya dan foto ketiga terakhir yang ada di feed kalian. Karena dua foto ini berhubungan langsung dengan foto yang akan di upload, maka ambil patokan dari dua foto tersebut untuk menentukan foto dengan tone atau komposisi seperti apa yang akan kamu upload. Sederhananya, apabila dua foto tersebut memiliki detail-detail yang terlalu banyak, foto selanjutnya yang kamu upload adalah foto yang memiliki unsur minimalis sebagai penyeimbang.

Jika penyesuaian komposisi masih dirasa terlalu rumit, kalian bisa juga bereksplorasi dengan foto polos berwarna putih setelah tiap foto seperti salah satu instagram milik Digi Heroes di atas (@thanxdad). Namun, apabila transisi kosong bukanlah gaya yang kalian sukai, silahkan bereksplorasi  dengan quotes image (@retnolestari317).

Itulah beberapa trik yang bisalangsung Digi Heroes coba. Jangan ragu mencoba semua tema/filter/motif/warna sampai mendapatkan tampilan yang diinginkan. Setelah membaca artikel ini, kira-kira eksplorasi seperti apa nih yang sudah kamu lakukan? Silahkan share dengan kami via Instagram di @pejuangdigital. Ayo berani buat inovasi!

 

Sources: www.craftsposure.com & later.com



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *