Paduan Dasar Membuat Facebook Business Manager Page

HEADER_FACEBOOK_BUSINESS_MANAGER-1200x600.jpg

Paduan Dasar Membuat Facebook Business Manager Page

March 16, 2017 by pejuangdigital0

Facebook Business Manager atau Pengelola Bisnis Facebook merupakan salah satu fitur dari Facebook yang membantu para penggunanya untuk mengelola bisnis mereka melalui media social Facebook. Fitur ini berguna untuk pengguna bisnis yang membutuhkan banyak akun iklan dengan pembayaran berbeda di tempat yang sama. Selain itu, fitur ini juga membantu para pemilik bisnis yang ingin bekerja sama dengan beberapa pihak tanpa memberikan akses penuh. Bukan hanya agensi, mereka yang ingin meminta akses juga harus membuat akun di halaman Facebook Business ini lho.

Lalu bagaimanakah cara membuatnya? Berikut tim Pejuang Digital telah merangkum tips untuk membuat Facebook Business Manager dengan mudah.

  1. Buka laman business.facebook.com

Buka https://business.facebook.com. Setelah halaman tersebut terbuka, klik Create Account. Sebelum itu, kamu perlu masuk ke akun Facebook personal milikmu untuk melanjutkan. Bila kamu belum memiliki akun Facebook, kamu bisa sign up terlebih dahulu di sini.

Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan nama bisnis serta data personal seperti nama dan email. Kamu hanya perlu memasukkan data tersebut dan kamu akan segera berpindah ke halaman awal dari Facebook Business dengan tampilan ini.

  1. Tambahkan Page atau Advert Account

Untuk tahapan ini, kamu cukup menuju ke Business Settings. Di laman ini, kamu dapat mengatur berbagai hal seperti Page yang akan kamu klaim, Advert Account yang akan kamu klaim maupun berapa banyak akses yang akan kamu berikan untuk para rekan dengan tugasnya masing-masing. Tampilannya akan berubah menjadi seperti ini nih:

Kamu bisa langsung klik gambar bendera untuk menambahkan Page dan pilihan untuk menambahkan halaman baru ‘Add New Page’ pun akan terlihat. Selanjutnya, akan muncul tiga pilihan apabila kamu memilih untuk menambahkan halaman: 1) klaim Page yang kamu punya 2) meminta akses ke Page yang sudah ada 3) membuat Page baru.

Harap dicatat. Apabila kamu merupakan admin dari suatu Business Page, maka pilihan pertama yang harus kamu ambil. Namun apabila kamu ingin meminta akses ke suatu halaman yang sudah tersedia, maka pilihan kedua yang harus kamu ambil dan kamu harus menunggu persetujuan dari admin pemilik Page tersebut itu dulu lho.

Cara menambahkan Advert Account pun kurang lebih sama. Hanya saja, icon yang di klik adalah icon ketiga dari atas, yaitu icon di bawah icon bendera. Selain itu, prosesnya sama seperti penambahan Business Page

  1. Buat Pengaturan Akses untuk Pihak Lainnya

Setelah mengklaim Business Page maupun Advert Account, langkah lain yang harus dilakukan adalah menentukan siapa saja yang dapat mengakses Facebook Business tersebut. Di halaman Business Manager settings, kamu cukup mengklik kembali gambar avatar di icon paling atas halaman dan klik Add New People. Tampilannya pun akan berubah seperti ini:

Dari situ, kamu bisa menambahkan beberapa email sekaligus. Selain itu, kamu juga dapat mengatur akses tiap email secara spesifik seperti page admin, page editor, page moderator, page advertiser, maupun page analyst. Dengan demikian, tiap akses akan memiliki kapasitasnya masing-masing dan kamu tidak perlu takut mengenai perubahan yang tidak diperlukan.

  1. Mulai Kelola Facebook Business Page

Untuk mengelola Facebook Business, kamu cukup menuju halaman awal. Melalui halaman ini, kamu dapat melihat Overview dari tiap aset yang kamu miliki. Apabila kamu memiliki advert account, maka kamu juga bisa melihat overview dari analytics advert account yang kamu miliki. Namun apabila kamu hanya memiliki Business Page, maka tampilannya kurang lebih akan tampak seperti ini:

Dari laman tersebut, kalian bisa langsung memilih Business Page/Advert Account mana yang akan kalian kelola. Setelah itu, kalian bisa langsung menambahkan berbagai fitur yang tersedia di dalam Facebook Business Manager ini lho.

Mengatur Pages di Facebook menjadi lebih mudah kan? Say thanks to Facebook Business! Lalu apakah kalian masih kesulitan untuk membuat akun sendiri? Yuk share pengalaman kalian di kolom komentar!

 

References: socialmediaexaminer.com, digitalmarketer.id, & streamcreative



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *