WhatsApp for Business akan Launching di 2017!

HEADER_FITUR_WHATSAPP_FOR_BUSINESS-1200x600.jpg

WhatsApp for Business akan Launching di 2017!

March 29, 2017 by pejuangdigital0

Pada awal tahun 2017 ini, WhatsApp berencana memberikan fitur baru untuk para pemilik bisnis yang ingin berkomunikasi langsung dengan calon pembeli potensial mereka. Fitur ini akan dikenal dengan WhatsApp for Business. Lalu, apa sajakah keunggulan nya? Berikut ini hasil penelusuran dari tim Pejuang Digital untuk para Digiheroes!

Siapa sih yang tidak kenal WhatsApp? WhatsApp yang merupakan pelesetan dari kata “What’s Up?” dan merupakan salah satu aplikasi chatting gratis yang populer di berbagai belahan dunia. Meskipun sangat populer di Indonesia, aplikasi ini bersaing ketat dengan popularitas layanan sejenis seperti WeChat yang lebih populer di China.

Aplikasi layanan chatting yang dimiliki oleh Facebook ini samasekali tidak berfokus ke layanan marketing maupun advertisement.  Pencipta nya  ingin agar WhatsApp menjadi sesuatu yang dibuka secara antusias oleh penggunanya setiap pagi. WhatsApp menyadari bahwa melihat iklan bukanlah suatu yang ditunggu-tunggu. Meski demikian, Februari tahun ini WhatsApp telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan yang tergabung dalam Y Combinator untuk melakukan tes mengenai fitur Whatsapp for Business. Kabarnya, mereka akan fokus untuk memberikan berbagai fitur yang dapat membantu bisnis dalam berbagai skala mengakses calon konsumen, namun tanpa mengurangi antusiasme sebagai pengguna Whatsapp.

WhatsApp Telah Mengantisipasi Spam Message dalam fitur WhatsApp Business

Meskipun Reuters.com menilai bahwa permasalahan spam message akan muncul seiring dengan diluncurkannya fitur ini, namun Whatsapp sebagai salah satu pemain terbesar di aplikasi chatting ini segera menepisnya. Bahkan, pada versi terbaru T&C mereka, WhatsApp menyatakan bahwa mereka tidak mau para penggunanya merasakan pengalaman spam saat menggunakan layanan mereka, ini tentunya menjadi komitmen yang sangat melegakan .

Lalu apa sajakah bocoran fitur yang telah diberikan oleh pihak WhatsApp? Dari berita tahun lalu, mereka sedang mengembangkan API atau Application Programming Interface dan memberikan contoh seperti pengguna yang melaporkan transaksi palsu ke bank ataupun pengguna yang melaporkan mengenai penerbangan yang tertunda ke pihak penerbangan.  Nah, jika tahun lalu demikian, lalu bagaimanakah perkembangannya saat ini?  Yuk kita intip lebih dalam lagi.

Whatsapp for Business akan Dimulai dari India

Setelah melalui berbagai percobaan pada tahun lalu dengan berbagai pihak, WhatsApp menentukan India sebagai Negara pertama yang akan mencoba WhatsApp for Business ini. Namun, Digiheroes tidak perlu khawatir karena kabarnya setelah mendapatkan feedback yang cukup, Whatsapp akan segera meluncurkan fitur menarik ini ke Indonesia dan Brazil.

Untuk saat ini, WhatsApp for Business memberikan akses untuk bisnis kecil dan menengah untuk mengirimkan pesan dan video yang ditargetkan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa WhatsApp akan menambahkan akses lainnya seperti yang sudah dicontohkan pada tahun lalu apabila percobaan di India mencapai target sukses.

Lalu kenapa di India? Bila ditelusuri, ternyata sudah banyak bisnis yang telah menggunakan WhatsApp dalam berkomunikasi dengan para klien dan sesama rekan bisnisnya. Contohnya The Tiffin Carrier, perusahaan pengiriman makanan di Assam, meningkatkan 90% penjualannya melalui WhatsApp bahkan sebelum fitur WhatsApp for Business diluncurkan lho. Wow!

Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Sambil menunggu WhatsApp for Business masuk ke Indonesia, yuk baca artikel dari tim Pejuang Digital berjudul Cara Memanfaatkan WhatsApp Untuk Mengembangkan Bisnis dulu di sini.

 

References: livemint.com, cnet.com, independent.co.uk, fortune.com & techcrunch.com



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *