YouTube Marketing: Yuk Buat Video Interaktif di YouTube

header_pd_youtube-1200x600.jpg

YouTube Marketing: Yuk Buat Video Interaktif di YouTube

April 28, 2017 by pejuangdigital0

Siapa sih yang tidak pernah membuka YouTube? Pasti Digiheroes familiar dong dengan media sosial yang satu ini. Lalu sudah pernahkah kalian mendengar mengenai video interaktif? Kalau belum,sayang sekali! Video interaktif ini punya daya tarik besar bagi kalian yang membutuhkan inovasi baru. Dengan inovasi ini, tentunya jumlah viewers dan subscribers akan bertambah seiring dengan penghasilan yang mungkin kalian dapat lho!

Nah,  untuk Digiheroes yang penasaran, kali ini kita bakal membahas mengenai Video Interaktif di YouTube!

Keuntungan Video Interaktif

Sebelum kita melanjutkan mengenai apa saja keuntungan dan bagaimana cara membuatnya, taukah Digiheroes video interaktif itu seperti apa? Kalau belum, begini nih penjelasannya.

Video interaktif itu bukan berarti harus dalam bentuk video live lho. Bukan! Video interaktif ini masih sangat jarang digunakan oleh digital marketers di Indonesia namun sudah cukup populer digunakan di luar untuk iklan produk maupun promosi lainnya. Biasanya, video interaktif ini memberikan opsi bagi para viewers untuk memilih kelanjutan dari alur video ataupun perubahan sederhana dari video tersebut. Belum terbayang? Contohnya seperti video iklan milik Hell Pizza NZ ini nih!

PS: tidak disarankan menonton video di bawah ini jika Digitroopers sedang berada di ruangan kerja yang sepi/hening. Video di bawah ini mengandung konten dewasa dan kekerasan.

(link video: https://youtu.be/9p1yBlV7Ges)

Untuk yang tidak bisa menonton video di atas, video La Linea di bawah ini bisa jadi alternatif nih!

(link video: https://youtu.be/RZzlezxLu7s)

Lalu kira-kira apakah keuntungannya? Berikut tim kami mencoba merangkumnya sebagai berikut:

  1. Viewers akan cenderung penasaran dan tertarik untuk menonton videomu
  2. Peluang jumlah video yang ditonton meningkat terus juga lho sesuai dengan opsi yang diberikan!
  3. Viewers yang tertarik dengan video interaktif yang kalian buat bisa menjadi subscriber setia yang akan menanti videomu selanjutnya!

Cara Membuat Video Interaktif

Pertama tama, tentunya Digiheroes harus memiliki akun YouTube terlebih dahulu. Setelah itu, tinggal menentukan model video interaktif yang akan kalian buat. Ada beberapa model yang kalian bisa coba. Model pertama adalah model video berkelanjutan dengan beberapa video berbeda seperti dua contoh video interaktif di atas. Model lainnya yang cenderung lebih simpel adalah model video interaktif yang hanya membutuhkan satu video.

Setelah menentukan model video interaktif yang kalian akan buat, kalian bisa mulai mengimplementasi fitur interaktif dengan memanfaatkan annotations pada video yang kalian upload. Harap diingat ya bahwa anotasi yang kalian cantumkan harusmemberi suatu opsi bagi para viewer supaya bisa menjadi video interaktif yang lebih menarik!

Langkah terakhir sebelum publikasi video interaktif kalian adalah dengan memberikan keterangan supaya para viewer memilih opsi yang mereka inginkan. Jangan lupa bahwa konsep ini belumlah populer di Indonesia.

Masih kebingungan? Tenang saja Digiheroes! Kalian bisa menghubungi kami dan mempelajari cara membuat video interaktif secara lebih mendalam, melalui program edukasi yang ditawarkan oleh Pejuang Digital. Tertarik? Silahkan simak layanan yang kami berikan di sini dan hubungi kami supaya kalian bisa segera berkreasi!

 

References: rebelgrowth.com & mashable.com



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *