It’s Digital or Die!

PART 1

DEC 13
Introduction

Introduction to Digital Marketing (Digital Marketing 101)

Digital Marketing mengubah bagaimana Marketer melakukan strategi, implementasi, dan pemantauan terhadap marketing campaigns. Konsep yang digunakan pada workshop ini adalah menggunakan framework TCEO yang mampu memberikan penjelasan untuk memahami digital marketing dari big picture-nya.

Kegiatan marketing bertujuan untuk mempertahankan konsumen dan menstimulasi penjualan. Dengan adanya digital communication dan tools-nya, membantu marketer untuk terhubung dan membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen, serta menciptakan demand.

3 alasan fundamental kenapa digital marketing sangat powerful:

  1. Target konsumen dapat dibagi menjadi segmentasi secara presisi, bahkan dapat mengidentifikasi sampai ke lokasi saat ini dan interaksi dengan brand yang baru saja dilakukan. Dengan kata lain, pesan dapat dibuat personal, sesuai dengan segmen konsumen.
  2. Dengan digital, hampir semuanya dapat diukur, misalnya saja setiap klik yang dilakukan konsumen setiap menitnya dapat dihitung jumlahnya. Selain itu, dengan bantuan digital, marketer dapat melihat bagaimana performa setiap kampanye, channel mana yang paling menguntungkan, dan dimana sebaiknya difokuskan.
  3. People Power. Di dunia digital, interaksi yang terjadi adalah 2 arah dan tidak dapat diarahkan oleh brand. Hal ini dapat menguntungkan bagi perusahaan untuk memperoleh insight mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga barang dan jasa dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan tersebut.

The TCEO Model

Cara paling efektif untuk mengelompokkan Digital Marketing adalah menjadi 4 disiplin ilmu yang saling berhubungan, yaitu Think, Create, Engage, dan Optimise. Pengelompokkan ini dapat menciptakan sebuah proses yang akan memberikan hasil optimal untuk digunakan menjadi sebuah digital strategy (Quirk, 2016).

THINK adalah awal dari pendekatan TCEO. Think bertujuan untuk mengembangkan rencana strategi di dunia digital. Pada digital marketing, perencanaan meliputi topik tentang consumer insights, research development, alokasi budget dan perencanaan marketing channel.

CREATE merupakan sebuah konsep untuk melakukan eksekusi kampanye dan membangun platform. Yang dilakukan pada tahap Create adalah membuat web assets (desain web hingga pengembangan konsep copywriting), kreasi social media assets, mobile development, engineering business systems dan social media integration.

ENGAGE merupakan konsep bagaimana mengarahkan traffic dan membangun hubungan, misalnya dengan cara melakukan media buying and planning, search engine optimisation (SEO), email marketing, social media and campaign management.

OPTIMISE merupakan konsep tentang continuous improvement, dengan cara menyajikan insight dan pelajaran melalui analisa, data mining, conversion optimisation dan testing. Konsep Optimise biasanya dilakukan terus menerus dalam sebuah proses.


Make

Connection

Follow us

Programs

Speakers

http://www.pejuangdigital.id/wp-content/uploads/2016/11/SPEAKER_ODI.jpg

Akhyarsi

Odi

Lecture, Product Developer dan Author

http://www.pejuangdigital.id/wp-content/uploads/2016/11/SPEAKER_ISMAL.jpg

Zeva

M.Ismal

Founder
Fazztrack Training Center